18 Februari 2009

Plus-Minus Monitor Rp 2 Jutaan


Seberapa besar kriteria Anda seputar head unit dobel DIN, jika kondisinya bakal dipasang untuk menambah hiburan di kabin? Konsumen awam umumnya memerhatikan soal harga, setelah itu fitur yang tersedia. Apakah sesuai dengan kebutuhan dan tidak merepotkan saat dipakai nanti.

Namun jika bicara monitor double DIN yang punya fitur cukup lengkap, dengan banderol lebih terjangkau, pasti Anda tertarik membelinya. Seperti ditawarkan PT Roma Motor (RM). Pengagen label Rockford Fosgate yang belakangan sudah berekspansi ke produk bikinan Cina ini, per Januari lalu telah merilis Kinetic KVD-720.

Monitor head unit double DIN ini punya harga retail Rp 2,6 juta. Fitur yang disuguhkan masih sama seperti driver pada umumnya. Seperti kompatibel untuk pemakaian DIVX, DVD, VCD, SVCD dan CD. serta file berformat WMA, WMV, MP3, MP4 serta JPG. Selain itu, juga sudah dilengkapi teknologi anti-shock. Sistem ini melindungi seluruh peranti elektronik dan mekanik di dalamnya, saat mobil mengalami goncangan berlebih. Sehingga gejala hang bisa diminimalkan.

Tapi yang menjadi pertanyaan, mengapa harganya bisa lebih murah ketimbang merek lain. Padahal ukuran layar monitornya sudah 7 inci. Berarti lebih lebar ketimbang dimensi yang dianut tipe universal lainnya, yang hanya berukuran 6,95 inci. Spesifikasi ini menguntungkan bagi pemilik mobil, dengan ukuran slot dudukan head unit di dasbor lebih besar.

Fitur Bluetooth dan GPS sebenarnya sudah bisa diadopsi, lantaran sistem di dalamnya sudah berspesifikasi GPS dan Bluetooth ready. “Kedua fitur ini memang belum tersedia, namun bisa saja diaplikasi dengan menambah modul tambahan yang nantinya akan kami sediakan,” papar Hendy, sales manager RM untuk produk rakitan Taiwan ini.

Menanggapi keluhan pengguna monitor doublel DIN, yang merasa silau saat berkendara di malam hari, lantaran volume cahaya yang dipancarkan monitor terlampau besar, juga menjadi perhatian RM. Namun sayangnya fitur auto-dimmer yang mampu menyesuaikan cahaya monitor dengan kondisi sekitarnya belum diadopsi tipe ini.

Sebagai pengganti fitur tersebut (auto-dimmer), tersedia sistem tampilan TFT atau lebih dikenal dengan istilah black-out. Yaitu tampilan layar mati total (visual-off), namun sistem tata suara tetap bekerja normal (audio-on). Cara mengaktifkannya sangat mudah, cukup menekan agak lama tombol MODE di panel sebelah bawah. Untuk mengaktifkan kembali monitor ke kondisi semula, tekan lagi tombol tadi dan agak ditahan beberapa detik.

Fitur pendukung lainnya, seperti slot SD-card dan konektor mini-USB di sisi panel sebelah kanan. Artinya, head unit ini bisa membaca file data (lagu, gambar, foto) dari media lain. Seperti MP4 player. “Khusus untuk iPod memang masih harus menambah kabel data tambahan, yang memang diperuntukkan buat iPod,” kata Hendy menambahkan.

Pesaing
Untuk monitor yang agaknya diperuntukkan bagi kalangan entry level ini, juga mendapat persaingan dari para rival dengan tawaran harga yang sama. Seperti Integra, AudioZone ALZ-7800 dan Evo DE-958USB•

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagaimana cara mengatur atau membuat warna cendrung kemerah??karna warna merah hilang dilayar kinetic kvd-720!!

Posting Komentar