21 Februari 2009

Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT


Boleh dibilang konsumen di Tanah Air cukup beruntung. Sebab, ada kelebihan yang didapat dari Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT ini, dibanding saudaranya di pasar Amerika Serikat. Pasalnya, mesin GEMA yang digamit Lancer ini, memiliki tenaga lebih besar! Seperti apa sih performa mobil yang memiliki daya maksimum 155 dk/6.000 rpm ini?

Enam Percepatan
Dapur pacu 4B11 untuk Lancer pasar Asia, memiliki daya terbesar, sementara pasar Amerika Serikat (California) sesuai regulasinya, paling rendah, sekitar 143 dk saja. Wujud Lancer EX 2.0 GT ini memang mencirikan mobil kencang dan benar saja, tarikannya cukup bagus, meski jangan harap ada hentakan ketika tunggangan dipacu, karena transmisinya menggunakan INVECS III CVT 6 percepatan yang perpindahannya halus.

Namun, ada fasilitas Sport Mode, dari tuas persneling atau pun dari paddle shift di balik lingkar setir. Reaksinya, mirip manual dengan 6 percepatan! Tarikan awal boleh dibilang tak terlalu unggul, namun mendekati putaran atas (CVT memungkinkan putaran mesin menyalak lebih dulu) kecepatan naik cepat setelah melewati angka 70 km/jam hingga lebih dari 180 km/jam! Suspensinya pun mendukung melaju kencang.

Sehingga mobil stabil minim guncangan. Tetapi sayang, ketika melaju dengan kecepatan sedang di jalan keriting, guncangan sangat terasa pada mobil yang disarankan meminum bensin beroktan 95 ke atas itu.

Buritan tinggi, sayang tak dilengkapi sensor parkir
Interior bernuansa sporty minim ornamen

Eksterior dinamis menular ke interior. Beberapa balutan serupa karbon kevlar berkesan sporty. Multi Information Display lengkap, mulai suhu luar, konsumsi bahan bakar, tripmeter, odometer serta cukup unik, lambang cangkir bisa muncul sebagai pertanda waktu istirahat untuk pengemudinya! Hebat bukan, mobil yang dilego Rp 345 juta (on the road, Jabodetabek) ini.
Selengkapnya...

Mazda 6 Raih Peringkat Tertinggi Uji Keamanan


New Mazda 6 mendapatkan peringkat tertinggi 5 bintang dari European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) 2009 dalam penghargaan uji performa keamanan kombinasi.

Penghargaan ini secara resmi telah menjadikan Mazda 6 atau yang di Jepang dikenal dengan nama Mazda Atenza sebagai satu dari beberapa mobil paling aman di dunia.

"Peringkat keamanan tertinggi dari Euro NCAP kepada Mazda 6 adalah refleksi dari kemajuan yang telah Mazda ciptakan dalam memadukan kenyamanan berkendara dengan faktor keamanan serta dukungan terhadap lingkungan," ujar Senior Managing Executive Mazda yang bertanggung jawab pada bagian Penelitian dan Pengembangan serta program manajemen, Seita Kanai,

Di tahun ini, Euro NCAP telah mengimplementasikan sistem evaluasi yang lebih ketat, dimana peringkat keamanan sebuah kendaraan dinilai secara keseluruhan dan sistem penilaian adalah dengan mengkombinasikan 4 sektor. Yakni perlindungan terhadap penumpang dewasa, perlindungan terhadap anak-anak, perlindungan terhadap pejalan kaki, dan bantuan keamanan. Mazda 6 berada dalam grup pertama yang di uji berdasarkan kerangka baru.

Model-model mobil Mazda di Eropa yang telah menerima penilaian tertinggi 5 bintang untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa dari Euro NCAP sebelumnya adalah Mazda 5 (Mazda Premacy) pada September 2005 dan Mazda 2 (Mazda Demio) pada Desember 2007.
Selengkapnya...