26 Januari 2009

Ganti Oli Sendiri di Rumah


adatnya aktifitas membuat sebagian orang merasa tidak ada waktu menyempatkan diri pergi kebengkel untuk servis mesin mobil secara berkala.

Boleh-boleh saja mesin tidak diservice secara berkala,

namun penggantian oli mesin harus tetap diperhatikan agar menjaga komponen mesin mobil anda dari kerusakan.

Nah, dari bengkel Super Servis Jalan Ir. Juanda Raya No. 84 Ciputat, Banten ini siap memberikan tips bagi anda yang tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke bengkel untuk mengganti oli mesin mobil anda.

1. Kenali dulu karakter mesin mobil anda, apakah mesin mobil anda baru atau mesin mobil di atas 5 tahun. Jangan salah pilih sifat kekentalan oli untuk mesin mobil anda.
2. Siapkan peralatan seperti tempat penampung oli bekas, sarung tangan, perangkat kunci kunci, corong, lap.
3. Tempatkan mobil Anda pada permukaan yang benar-benar datar.
4. Lebih baik disaat penggantian oli, mesin mobil dalam keadaan dingin. Hal ini dilakukan agar seluruh endapan oli bercampur dengan oli keluar semua ketika proses pengurasan.
5. Disarankan mesin tidak usah disemprot oleh angin kompresor, hal ini menghindari air dari mesin kompresor. Air dari kompresor dapat terbawa ke mesin ketika melakukan pemyemprotan atau pembersihan sisa-sisa oli di mesin.
6. Bukalah tutup dari lubang masuk oli yang terletak di bagian atas mesin, lalu masukkan oli baru mengunakan corong sesuai dengan ukuran batas ketentuan yang dianjurkan. Setelah selesai tutup kembali lubang masuk oli dan bersihkan dengan lap jika ada oli yang tercecer.
7. Hidupkan mesin dan biarkan pada rpm rendah agar oli baru mengalir ke saluran-saluran pelumasan, dan biarkan menyala beberapa saat.

0 komentar:

Posting Komentar